Pencegahan Penyakit Darah Tinggi

Upaya yang paling murah dan tanpa resiko adalah dengan cara mencegah terjangkitnya penyakit darah tinggi ini kepada kita.

gejala
pada beberapa besar pasien, hipertensi tidak menyebabkan gejala ; walau dengan tidak sengaja sebagian gejala berlangsung berbarengan serta diakui terkait dengan tekanan darah tinggi ( walau sebenarnya sebenarnya tidak ). gejala yang disebut yaitu sakit kepala, perdarahan dari hidung, pusing, muka kemerahan, serta kelelahan ; yang mungkin berlangsung baik pada pasien hipertensi, ataupun pada seseorang dengan tekanan darah yang normal.

pencegahan penyakit darah tinggibila hipertensinya berat atau menahun serta tidak diobati, dapat timbul gejala berikut :
– sakit kepala,
– kelelahan,
– mual,
– muntah,
– sesak napas,
– gelisah,
– pandangan jadi kabur,
yang berlangsung dikarenakan ada rusaknya pada otak, mata, jantung, serta ginjal.

terkadang pasien hipertensi berat alami penurunan kesadaran serta apalagi koma dikarenakan berlangsung pembengkakan otak. situasi ini dimaksud ensefalopati hipertensif, yang membutuhkan penanganan segera.

diagnosa
tekanan darah diukur sesudah seseorang duduk atau berbaring sepanjang 5 menit. angka 140/90 mmhg atau semakin dapat disimpulkan sebagai hipertensi, namun diagnosis tidak bisa ditegakkan cuma menurut satu kali pengukuran.

bila pada pengukuran pertama berikan hasil yang tinggi, maka tekanan darah diukur kembali serta lantas diukur sejumlah 2 kali pada 2 hari selanjutnya untuk meyakinkan ada hipertensi. hasil pengukuran tidak cuma memastikan ada tekanan darah tinggi, tetepi juga dipakai untuk menggolongkan beratnya hipertensi. sesudah diagnosis ditegakkan, dikerjakan kontrol pada organ utama, terlebih pembuluh darah, jantung, otak, serta ginjal.

retina ( selaput sensitif sinar pada permukaan dalam sisi belakang mata ) merupakan hanya satu sisi tubuh yang dengan segera dapat tunjukkan ada dampak dari hipertensi pada arteriola ( pembuluh darah kecil ). dengan asumsi bahwa pergantian yang berlangsung didalam retina serupa dengan pergantian yang berlangsung didalam pembuluh darah yang lain didalam tubuh layaknya ginjal. untuk memeriksa retina, dipakai satu oftalmoskop. dengan memastikan derajat rusaknya retina ( retinopati ), maka dapat ditentukan beratnya hipertensi.

pergantian didalam jantung, terlebih pembesaran jantung, dapat ditemukan pada elektrokardiografi ( ekg ) serta photo rontgen dada. pada stadium awal, pergantian tersebut dapat ditemukan melewati kontrol ekokardiografi ( kontrol dengan gelombang ultrasonik untuk menggambarkan situasi jantung ). bunyi jantung yang abnormal ( dimaksud bunyi jantung keempat ), dapat didengar melewati stetoskop serta merupakan pergantian jantung sangat awal yang berlangsung akibat tekanan darah tinggi.

panduan awal ada rusaknya ginjal dapat diketahui terlebih melewati kontrol air kemih. ada sel darah serta albumin ( sejenis protein ) dalam air kemih dapat merupakan panduan berlangsungnya rusaknya ginjal. kontrol untuk memastikan pemicu dari hipertensi terlebih dikerjakan pada pasien umur muda. kontrol ini dapat berbentuk rontgen serta radioisotop ginjal, rontgen dada, dan kontrol darah serta air kemih untuk hormon spesifik.

untuk mendapatkan ada kelainan ginjal, ditanyakan mengenai kisah kelainan ginjal pada mulanya. sesuatu stetoskop ditempelkan diatas perut untuk mendengarkan ada bruit ( nada yang berlangsung dikarenakan darah mengalir melewati arteri yang menuju ke ginjal, yang alami penyempitan ). dikerjakan analisa air kemih serta rontgen atau usg ginjal.

bila pemicunya yaitu feokromositoma, maka didalam air kemih dapat ditemukan ada beberapa bahan hasil penguraian hormon epinefrin serta norepinefrin. umumnya hormon tersebut juga mengakibatkan gejala sakit kepala, kekhawatiran, palpitasi ( jantung berdebar-debar ), keringat yang terlalu berlebih, tremor ( gemetar ), serta pucat.

pemicu yang lain dapat ditemukan melewati kontrol teratur spesifik. contohnya mengukur kandungan kalium dalam darah dapat menolong mendapatkan ada hiperaldosteronisme serta mengukur tekanan darah pada ke-2 lengan serta tungkai dapat menolong mendapatkan ada koartasio aorta.

pengobatan
hipertensi esensial tidak bisa diobati namun bisa diberikan penyembuhan untuk menghindar berlangsungnya komplikasi.

langkah awal umumnya yaitu merubah gaya hidup pasien :

. pasien hipertensi yang alami berlebihan berat badan disarankan untuk turunkan berat badannya sampai batas ideal.
2. merubah pola makan pada pasien diabetes, kegemukan, atau kandungan kolesterol darah tinggi.
kurangi penggunaan garam sampai kurang dari 2, 3 gram natrium atau 6 gram natrium klorida tiap-tiap harinya ( dibarengi dengan konsumsi kalsium, magnesium, serta kalium yang cukup ) serta kurangi alkohol.
3. olahraga yang tidak terlampau berat.
pasien hipertensi esensial tak perlu membatasi aktivitasnya sepanjang tekanan darahnya teratasi.
4. berhenti merokok.

pemberian obat-obatan
. diuretik thiazide umumnya merupakan obat pertama yang didapatkan untuk menyembuhkan hipertensi. diuretik menolong ginjal buang garam serta air, yang dapat kurangi volume cairan di seluruh tubuh hingga turunkan tekanan darah.

diuretik juga mengakibatkan pelebaran pembuluh darah. diuretik mengakibatkan hilangnya kalium melewati air kemih, hingga terkadang diberikan tambahan kalium atau obat penahan kalium.

diuretik amat efisien pada :
– orang kulit hitam,
– lansia,
– kegemukan,
– pasien gagal jantung atau penyakit ginjal menahun.

2. penghambat adrenergik merupakan sekelompok obat yang terdiri dari alfa-blocker, beta-blocker serta alfa-beta-blocker labetalol, yang menghalangi dampak sistem saraf simpatis. sistem saraf simpatis yaitu sistem saraf yang dengan segera dapat berikan tanggapan pada stres, dengan langkah menambah tekanan darah.

yang sangat kerap dipakai yaitu beta-blocker, yang efisien diberikan pada :
– pasien umur muda,
– pasien yang dulu alami serangan jantung,
– pasien dengan denyut jantung yang cepat,
– angina pektoris ( nyeri dada ),
– sakit kepala migren.

3. angiotensin converting enzyme inhibitor ( ace-inhibitor ) mengakibatkan penurunan tekanan darah dengan langkah melebarkan arteri.

obat ini efisien diberikan pada :
– orang kulit putih,
– umur muda,
– pasien gagal jantung,
– pasien dengan protein dalam air kemihnya yang dikarenakan oleh penyakit ginjal menahun atau penyakit ginjal diabetik,
– pria yang menderita impotensi sebagai dampak samping dari obat yang lain.

4. angiotensin-ii-bloker mengakibatkan penurunan tekanan darah dengan satu mekanisme yang serupa dengan ace-inhibitor.

5. antagonis kalsium mengakibatkan melebarnya pembuluh darah dengan mekanisme yang betul-betul tidak sama.

amat efisien diberikan pada :
– orang kulit hitam,
– lansia,
– pasien angina pektoris ( nyeri dada ),
– denyut jantung yang cepat,
– sakit kepala migren.

6. vasodilator segera mengakibatkan melebarnya pembuluh darah. obat dari golongan ini nyaris senantiasa dipakai sebagai tambahan pada obat anti-hipertensi yang lain.

7. kedaruratan hipertensi ( contohnya hipertensi maligna ) membutuhkan obat yang turunkan tekanan darah tinggi dengan segera.

sebagian obat dapat turunkan tekanan darah dengan cepat serta beberapa besar diberikan dengan intravena ( melewati pembuluh darah ) :
– diazoxide,
– nitroprusside,
– nitroglycerin,
– labetalol.

nifedipine merupakan kalsium antagonis dengan kerja yang amat cepat serta dapat diberikan per-oral ( ditelan ), namun obat ini dapat mengakibatkan hipotensi, hingga pemberiannya mesti diawasi dengan ketat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s